Assalamu'alaykum Warohmatullah Wabarokaatuh

Wednesday, March 28, 2012

Nama Ku VERA AGUSTINA

Senin,26 Maret 2012

Pukul 12.00 -13.00 pm seperti biasa jadwal tahsin akhwat di Masjid Astra..

Disela-sela belajar, sang ustadz membahas tentang penting nya sebuah penyebutan nama secara jelas..Nama adalah doa, orang tua ga mungkin semena-mena/asal-asalan memberikan nama pada anaknya, pasti nama yang diberikan mengandung sebuah arti yang memvisualisasikan harapan mereka.

Penyebutan nama yang di singkat/nama kesayangan sebenarnya adalah budaya barat.. Dalam islam nama disebutkan secara jelas. Kalau namanya ibrahim, sebutlah ibrahim, jangan baim, atau aim. Namanya rahman sebut saja rahman, jangan maman. Kenapa?? agar arti nama nya tidak hilang, sehingga harapan orang tua terhadap arti nama anaknya akan tertanam menjadi karakter yang kuat dalam pribadinya.

Saya jadi muhasabah sendiri... Dulu waktu masih SD, saya tanya sama Mamah, "kenapa mamah memberiku nama VERA". kata mama: " itu karena dulu mamah ngefans sama pemain bulu tangkis wanita bernama VERA WATI FAJRIN", akhirnya nama VERA disematkan di nama anak pertamanya, yaitu saya. kalau AGUSTINA sih, karena lahir dibulan agustus. Hmm.. trus saya tanya lagi, "mah VERA itu artinya apa?".. hmm mamahku geleng-geleng tanda ga tau.. trus aku tanya, "trus kenapa mama namain VERA? mama pingin aku jadi pemain bulu tangkis??",, kata mama "Enggak juga, kepingin aja namain VERA..".. hemmm untung jaman SD belum kenal kata GUBRAX... kalo percakapan itu terjadi sekarang.. saya uda GUBRAX berkali2..hehe....

Seiring berkembangnya zaman dan teknologi, juga pemikiran saya yang uda gede dan semakin ingin tau. Akhirnya kepikiran nanya sama GOOGLE translate.. arti nama VERA. ternyata dahsyat.. aku TERCENGANG.. dan bersyukur..

1. dalam bahasa SLOVEN, VERA = keyakinan, kepercayaan, agama
2. dalam bahasa SERB, VERA = iman
3. dalam bahasa NORSK, VERA = menjadi
4. dalam bahasa MALTA, VERA = benar
5. dalam bahasa LATVI, VERA = Rekening
6. dalam bahasa LATIN, VERA = kebenaran
7. dalam bahasa KROAT, VERA = agama
8. dalam bahasa JERMAN, VERA = menyebabkan
9. dalam bahasa ITALIA, VERA= benar
10. dalam bahasa ISLAN, VERA = manjadi
11. dalam bahasa ESPERANTO, VERA = benar
12. dalam bahasa ALBANIA, VERA = Anggur

kesimpulan
tiga bahasa menyebutkan VERA= keyakinan/kepercayaan/agama
empat bahasa menyebutkan VERA = benar
tiga bahasa menyebutkan VERA = menjadi, menyebabkan
satu bahasa menyebutkan VERA = anggur

Dari situ.. saya bersyukur dulu ga tau kata "GUBRAX"..
alhamdulillah setelah tahu arti nama ini, saya jadi bangga punya nama VERA. semua bahasa adalah milik ALLAH... meskipun ga berasal dari bahasa arab yang penting maknanya baik dan bagus..^^ 
Arti nama ini uda saya ketahui pas jaman2nya SMA,, pertama kali kenal internet.. berhubung waktu itu lagi hoby2 nya nulis dan lagi trend pake nama pena.. saya lebih seneng menamakan setiap account di internet dengan nama VEGATA ASMA.. nama pena ku.. buka VERA AGUSTINA

Tapi setelah mendengar penjelasan ustaz, saya jadi merasa harus mengenalkan jati diri yang asli.. insyaallah, ini juga merupakan salah satu bentuk penghargaan terhadap orang tua. dan mmperkuat doa dari arti nama itu, semoga saya menjadi orang yang selalu berkeyakinan tinggi dan berada dalam jalur yang benar... aamiin

Setidaknya walaupun mamah pas waktu dulu ga tau arti nama VERA, tapi seiring perjalanan waktu terungkap sudah arti dari nama itu.. ini lah yang dinamakan Qodarullah.. ini sudah takdir. memang Allah menghendaki nama itu untuk saya. dan sya bersyukur..sekarang nama pena itu berusaha aku tinggalkan.. cukup menjadi sejarah yang LUCU.. hehe..

I'am VERA AGUSTINA not VEGATA ASMA

kalau punya anak nanti namanya pilih yang bagus2 dari bahasa Arab, kalau jaman dulu (pernah baca buku), para sahabat nabi dan generasi sholih setelahnya banyak yang memberikan nama anaknya dari nama-nama Nabi, atau nama-nama para sahabat, syuhada, dll.. ^^ insyaallah nanti ngasih namanya yang bagus.. hehe
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------




No comments:

Post a Comment