Assalamu'alaykum Warohmatullah Wabarokaatuh

Tuesday, May 1, 2012

Sedikit Tentang Motivasi

Sedikit sharing ditengah dag-dig-dug nya mengerjakan Tugas Akhir.

Udah sebulan ini saya kebingungan mencari trigger latar belakang dari Tugas Akhir saya, sebenernya sih udah jadi, tapi ada beberapa hal yang mengganjal hati, sehingga semuanya mesti saya rubah alias GATOT (Ganti Total).

Sebuah hal wajar jika Tugas Akhir dibayangkan seperti sebuah tantangan menyeramkan, mungkin lebih menyeramkan dari menyebrang dengan satu tali diatas jurang yang terdapat banyak batu runcing (LEBAY).

tapi emang bener lho sereeemm.. kalau ide uda mentok, fikiran negatif silih berganti, untung saya seorang muslim yang dengan hanya mengucap lafadz istighfar dan ta'awuz, semua setan yang bawa fikiran negatif itu kocar kacir..

ditengah kondisi yang serba labil, dengan tingkat stressing yang lagi lumayan tinggi, tentunya kita butuh sesuatu untuk menenangkan hati kita, menjaga hati kita agar tetap optimis, pantang menyerah, dan bersemangat.. TA bukanlah segalanya. TA itu mudah, mudah, sangaat mudah kawan.. kenapa? karena kita memiliki Dzat Yang Maha Pintar dan Maha Cerdas untuk membantu kita.. yaitu Allah Subhanahu wata'ala.. jadi mudahkan?

Setiap orang memiliki problemnya masing-masing, problem penulisan TA antara saya dan teman saya sungguh berbeda-beda. Tapi semua orang merasa bahwa dirinya yang paling mengenaskan.. hehe semuanya merasa bahwa dialah yang paling tersudut stress di ruangan fana dunia ini...

termasuk "SAYA".. tapi untungnya saya udah pernah mengalami hal yang sama waktu pengerjaan laporan improvement magang.. jadi selama sebulan ini, ditengah kebingungan yang sangat membingungkan yang ditambah bingung, saya tetep santai kayak lagi di pantai. Ikhtiyar (mikir, coret-coret, baca buku) tetap saya amalkan walaupun ujung2nya mentok, sambil berdoa siang dan malam, minta restu orang tua setiap hari, pokoknya meminta pada Allah, meminta diberi kekuatan, meminta ditunjukkan jalan keluar..

Hasilnya: SUBHANALLAH, hari ini semua ide lancar.. car.. yang keluar, ngetik pun enteng..



bagi saya motivasi itu penting, motivasi atau rasa kepercayaan diri, keyakinan, optimisme, pantang menyerah bisa saya dapatkan dari:

1) ketika ibadah saya baik, maka saya akan semakin dekat dengan Allah, semakin dekat dengan Allah maka hati saya akan semakin tenang, semakin tenang maka saya akan semakin optimis, semakin bersemangat pokoknya semua yang positif akan memenuhi fikiran dan akhlak saya..

2) Restu Orang tua, Ridho Allah terletak di Ridhonya orang tua, jadi meminta agar orang tua senantiasa mendoakan kita dengan tulus adalah sesuatu hal yang penting, orang tua akan lebih meridhoi dan mendoakan ketika saya dapat membahagiakan mereka dengan menjadi anak yang sholihah, berakhlak baik kepada mereka, membantu, dll..

3) Ingat GOAL kita, saya pernah bertanya pada seorang ustadz, bagaimana caranya agar kita istiqamah dalam menjalankan segala proses (jadwal) yang telah kita buat untuk mencapai kesuksesan kita? kata ustadz: nilai istiqamah dan semangat kamu dalam berjuang sebanding dengan seberapa besar keinginan kamu mewujudkan impian2 kamu.. Pandanglah terus cita-cita kita, dengan begitu ujian perjuangan akan terasa lebih ringan dan menyenangkan. BAYANGKAN cita-cita kita, bayangkan nikmatnya surga..bayangkan kawan..!!

4) Ingatlah nikmat yang telah kita dapat, bandingkan dengan orang lain yang tidak mendapatkan nikmat yang kita dapatkan, seperti nikmat normalnya anggota tubuh kita, nikmatnya kesehatan, nikmatnya makanan yang setiap hari kita dapat. berapa banyak orang yang saat ini tidak bisa merasakan indahnya penglihatan? berapa banyak orang yang saat ini terbaring karena lumpuh? berapa banyak orang yang kelaparan? sedangkan kita?? kita memiliki modal hidup kawan..

dan masih banyak lagi sebetulnya... mungkin tiap orang berbeda-beda dalam memotivasi diri sendiri, tapi setidaknya nilai-nilai yang telah saya paparkan diatas merupakan hal yang terjadi pada setiap orang yang sukses dunia dan akhirat..(menurut pengalaman dan analisis).

So jadilah orang yang selalu bersemangat! syukuri hidup ini, bersabarlah, bekerja keraslah, Allah bersama kita kawan..

Raihlah cita-citamu.. raihlah! jangan biarkan ada satupun cita-citamu yang tidak tercoret, kecuali jika Allah menggantinya dengan yang lebih baik..

vera agustina
(Perpustakaan kampus Polman Astra, 1 Mei 2012)

No comments:

Post a Comment