Assalamu'alaykum Warohmatullah Wabarokaatuh

Thursday, November 24, 2011

Journal Hari ini...

Bismillah..........

Alhamdulillah segala puji bagi Allah, tuhan semesta Alam yang tak pernah menzolimi makhluknya sedikitpun, Sang Penguasa Alam semesta raya yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.

Hari ini ada beberapa hikmah hidup yang saya dapatkan, ada yang dihasilkan dari investigasi, ada juga yang didapat karena mengalaminya secara langsung..
check it out:

1.tema: Semangat saya Bangkit lagi!
jujur selama magang ini semangat saya menurun, akibat dari beberapa hal yang bentrok dengan prinsip saya.. alhasil saya jalani dengan sekedarnya. tapi hari ini paradigma itu berubah. Dan semoga akan mengembalikan semangat saya seperti waktu SMA.. Why? penyebabnya adalah: hari ini di kantor tempat saya magang kedatangan karyawan baru, perempuan berwajah oriental, yang baru saja lulus (fresh graduate) dari ITB. awalnya saya menyangka dia non muslim, dan sungguh terkaget2 ketika mendapati dia sedang sholat di mushola....(Alhamdulillah). Moment perkenalanlah yang membuat orang satu kantor kagum. ternyata dia salah satu mahasiswa yang ikut dalam pertukaran mahasiswa ke jepang, 1 tahun dia belajar di negeri sakura itu, bahasa jepang dan inggrisnya lancar.. whaa semuanya tercengang! aku iri melihat semangatnya yang luar biasa, dan optimis nya dalam menghadapi kondisi baru, diraut wajah nya tak tersirat sedikitpun rasa takut.. padahal jauh2 hari dia sudah di training dan di kasih banyak informasi kalau di bagian dia kerja adalah tempat paling menyeramkan dan menegangkan di kantor itu.. ok hikmah nya: dalam usia muda dia sudah mampu memperlihatkan prestasinya yang luar biasa, msuk perguruan tinggi bonafit, ke jepang, dan masuk perusahaan besar internasional lagi. "mungkin itu terlihat sangat duniawi oriented sekali", tenang saya iri bukan dengan perguruan tinggi, jepang, atau perusahaannya. tapi saya iri dengan pencapaiannya, dia sudah mencapai yang dia inginkan pada usia muda. Saya" merasa tersindir habis2an. sampai saat ini saya belum bisa merealisasikan mimpi2 saya. HUAA,, jadi mesti instospeksi besar-besaran nih. setidaknya itu sangat memotivasi saya, untuk tetap fine, fokus, ikhlas, sabar menjalani ini semua.. secara TOTALITAS! demi masa depan yang lebih baik di akhirat dan dunia! ok dia saja bisa! kenapa saya tidak!?

2. tema: Sesuatu yang bagus belum tentu bagus lhoo.. apalgi terkait sistem yang dibuat manusia!
terkait dengan aktivitas saya sekarang, yaitu sedang membuat laporan hasil improvement.. ada masalah dalam hal pencarian data terkait material reject per bulan yang ternyata ga dibuat sama group leadernya. investigasi sana sini ternyata sistem kekeluargaan (sistem ga banget) yang dipakai.. ya Allah ga bertanggung jawab banget sih.. ok sebagus2nya sistem, jangan pernah kita mengaguminya secara berlebih, karena suatu saat akan timbul kekecawaan. yang ideal hanyalah Sistem yang berlandaskan Alquran dan Sunnah..  Proud with ISLAM.

3. tema: Bersykurlah dengan semua nikmat Allah, apapun bentuknya!
Selesai magang pukul 5.00 pm saya menemani teman saya membeli HP ke karawang kota. Alkisah sesampainya di center HP. saya duduk menemani teman saya yang lagi milih-milih hp. ada seorang ibu, kedua kakinya sangat kecil, kaki kanannya bengkok, tangannya pun sama kecil dan bengkok, ibu ini mengalami kecacatan fisik yang lumayan parah, dia berjalan sambil merayap seperti anak kecil yang baru bisa merangkak. dia merangkak mendekati tempat saya duduk. dia berbicara dengan lafalnya kurang jelas terdengar. pakaiannya juga lusuh. "langsung timbul dalam benak saya kalau ibu ini seorang peminta-minta" tanpa pikir panjang, langsung saya ulurkan sebagian uang saya ke ibu itu, dengan memasang wajah iba. "ini bu" kata saya. ibu itu langsung mengibaskan tangannya sambil berkata "enggak".. ternyata oh ternyata dia teriak2 itu mau beli kartu perdana mentari... "Astaghfurullahaladziim, dalam hati aku bener2 nyesel begitu teganya aku berfikir beliau seorang peminta minta".. saya langsung terdiam merasa malu. trus saya perhatikan ibu itu mengeluarkan dompetnya terlihat banyak terdpat lembaran uang di dompetnya, kemudian ibu itu mengeluarkan HP nya yang ternyata lumayan bagus juga.. Ya Allah ampuni hamba yang telah berfikir sekejam itu. selang beberapa menit kemudian aku memberanikan diri meminta maaf pada ibu itu, "bu maafin saya tadi ya bu".. ibu itu menjawab dengan nada yang begitu mengibakan.. "iya gak apa-apa"...... kemudia ibu itu pergi dengan merangkak, ku tatap setiap pergerakannya sampai menghilang di pandangan mata. Hikmah: setiap kita dilahirkan dalam bentuk yang paling baik. kecacatan secara fisik tidak bisa dinilai sebagai kekurangan dan ketidak adilan Allah dalam menciptakan makluknya. fisik yang Allah berikan berarti itu merupakan modal terbaik bagi hidup kita. Syukuri setiap apapun yang Allah beri, terutama soal fisik, cacat tidak membatasi seseorang untuk berkarya, contohnya banyak. Namun banyak kita temukan sekarang begitu banyak peminta-minta yang mengandalkan kecacatannya.,, bukankah itu adalah bentuk dari ketidak bersyukuran?. contohlah si ibu ini, yang menderita cacat parah, namun tetap mau berusaha.pada akhirnya saya mengetahui bahwa pekerjaan ibu itu adalah tukang parkir... subhanallah..

Karawang, 24 november 2011..

Vegata Asma

No comments:

Post a Comment